Saturday, February 20, 2016

Foto Paling Terkenal dalam Sejarah Olahraga (1965)


Waktu: 25 Mei 1965
Tempat: Lewiston, Maine (Amerika Serikat)
Fotografer: Neil Leifer

Pada tanggal 25 Mei 1965 Muhammad Ali meng-KO Sonny Liston dalam ronde pertama pertarungan ulang tinju kelas berat mereka - dan pada saat itulah fotografer Neil Leifer mengambil gambar yang kemudian tercatat sebagai "foto paling terkenal dalam sejarah olahraga".

Kelihatannya sesederhana itu, tapi pada kenyataannya tidaklah seperti yang terlihat, karena foto tersebut tak akan tercipta kalaulah tidak didahului oleh kejadian yang tidak menguntungkan bagi fotografernya.

Mungkin salah satu hal yang paling memberikan kontribusi - dan juga yang paling lucu - adalah bahwa posisi duduk Leifer saat mengabadikan momen tersebut semata didapatnya karena seorang fotografer yang lebih senior memerintahkannya (saat itu Leifer baru berusia 22 tahun) untuk pindah tempat duduk ke sisi ring, sementara posisi duduknya semula di dekat meja juri diklaim oleh sang fotografer senior yang bernama Herb Scharfman (dari Sports Illustrated) sebagai lokasi "langganannya". Tidak mau berdebat lebih lanjut, Leifer mengalah.

Ironisnya, ketika Liston terjatuh, satu-satunya yang bisa dilihat oleh Scharfman adalah punggung Ali (dalam foto Leifer terlihat jelas dia berada diantara kaki sang juara)!

Namun foto Leifer sendiri belum menceritakan semuanya. Kita melihat Ali menang. Namun Ali frustrasi dan malah meminta Liston bangkit lagi! Dia pikir Liston pura-pura jatuh dan menyerah kalah. Mungkin saja memang begitu. Kalaupun ada pukulan yang menjatuhkan Liston, tak ada yang melihatnya secara pasti. Yang jelas, Hingga detik ini belum jelas apakah Liston dengan sengaja menjatuhkan diri. Liston sendiri mengklaim bahwa ia terlalu takut dengan organisasi Nation of Islam (dimana Ali menjadi anggotanya), sehingga menyebabkan dia ingin pertarungan berakhir secepat mungkin walaupun dia adalah pecundangnya.

Sumber :
http://www.news.com.au/sport/sports-life/the-story-behind-the-greatest-photograph-in-sports-history/news-story/781e32670a84a2bfadcfb494eb0a924d

No comments:

Post a Comment