Tuesday, December 16, 2014

Albert Einstein di Pantai Tahun 1939


Waktu: Bulan September 1939
Tempat: Long Island, New York, Amerika Serikat
Fotografer: Tidak diketahui

Foto ini diambil pada bulan September 1939 dan memperlihatkan ilmuwan terkenal Albert Einstein sedang bersantai di sebuah pantai di dekat rumah musim panasnya di Long Island, New York. Orang di sebelah kirinya adalah David Rothman yang merupakan teman sekaligus pemilik department store lokal. Rothman mengenang bahwa pada awal Einstein berbelanja disana terjadi peristiwa lucu ketika dia memesan, dengan aksen Jermannya yang kental, sepasang "sundahls" (sandal), yang disangka Rothman sebagai "sundial" (jam matahari)! Sang ilmuwan akhirnya berhasil mengatasi kesalahpahaman bahasa itu dan membeli sandal putihnya seharga $1.35. Setelahnya Einstein tertawa dan menyalahkan "aksen bicara saya yang mengerikan." Kedua orang ini kemudian menjadi sahabat dekat dan malah tinggal dalam satu blok yang sama bersama dua keluarga lainnya.

Pada tahun 1939 Einstein menyewa sebuah cottage di Nassau Point/Cutchogue sehingga dia bisa menambatkan perahu layarnya di Horseshoe Cove. Bagi Einstein, Long Island hanyalah berarti tempat dimana dia bisa bersantai dan beristirahat dari aktivitasnya yang padat. Para tetangganya menyebut bahwa dua aktivitas utama sang ilmuwan disana adalah berlayar dan bermain biola. Einstein, yang tidak pernah belajar berenang, menamakan perahu layar kecilnya - dengan panjang 4,5 meter - sebagai "Tinef", yang berarti "Sampah" dalam bahasa Yahudi.

Sebelum musim panas tahun 1939 tersebut berakhir dia akan menulis surat pada Presiden Amerika Serikat Franklin Delano Roosevelt yang memperingatkan bahwa Amerika tidak dapat hanya diam menunggu sementara Nazi Jerman kemungkinan besar sedang dalam proses membuat senjata nuklir.

Einstein sendiri menjadi legenda karena kebiasaannya yang ogah memakai kaos kaki. Dia melakukannya karena mempunyai masalah dengan kakinya di sepanjang hidupnya, dimana dia mempunyai kaki yang datar dan menderita varises. Ketika dia berimigrasi ke Swiss Einstein disuruh untuk menghadap oleh petugas militer untuk melakukan tes kesehatan. Disinilah kakinya "divonis" mempunyai alas yang datar, sering berkeringat dan mempunyai pembuluh darah varises. Karenanya dia digolongkan sebagai "Tidak Lulus A" oleh komite penguji. "A" berarti bahwa dia hanya bisa digunakan untuk "tugas-tugas membantu saja". Meskipun begitu, Angkatan Darat Swiss tidak pernah memerintahkan Einstein untuk melakukan tugas-tugas pelayanan tersebut. Einstein sendiri mempunyai alasan lain tentang kebiasaannya yang hampir tidak pernah memakai kaos kaki: "Ketika saya muda, saya menemukan bahwa jempol kaki saya yang besar selalu membuat kaos kaki saya bolong. Karenanya saya berhenti memakai kaos kaki."


Sumber :
http://rarehistoricalphotos.com/einstein-at-the-beach-1939/

No comments:

Post a Comment