Saturday, December 13, 2014

Dokter Bedah Jantung Memonitor Pasiennya Pasca Operasi Transplantasi Jantung di Polandia


Waktu: Tahun 1987
Tempat: Polandia
Fotografer: James Stanfield

Dr. Zbigniew Religa memonitor perkembangan fungsi vital dari pasiennya, melalui peralatan medis yang sudah ketinggalan zaman dan membutuhkan pengawasan terus menerus, tak lama setelah operasi transplantasi jantung yang berlangsung selama 23 jam penuh. Salah seorang asistennya, yang telah membantunya dalam dua transplantasi sebelumnya, tertidur kelelahan di pojok kanan ruang operasi.

Dr. Religa (16 Desember 1938 - 8 Maret 2009) adalah seorang dokter jantung terkemuka asal Polandia yang berambisi untuk melakukan operasi transplantasi jantung pertama di negaranya. Untuk mewujudkan tujuan tersebut dia mengumpulkan para "awaknya" sendiri dan membentuk apa yang dinamakan sebagai "Katedral dan Klinik Operasi Jantung" di Zabrze. Pada tanggal 15 Agustus 1985 dia berhasil menyelesaikan operasi gagal jantung pertama di Polandia, dilanjutkan dengan operasi transplantasi jantung pertama tanggal 5 November 1985. Pasiennya mampu hidup selama dua bulan setelah operasi dan meninggal karena sepsis setelah tubuhnya tak mampu lagi menerima obat-obatan penguat kekebalan tubuh untuk menangkal infeksi pasca-operasi.

Pada tahun 1987 Dr. Religa melakukan operasi transplantasi jantungnya yang keempat dimana pasiennya mampu hidup selama tujuh tahun setelahnya. Foto setelah operasinya kemudian dimuat oleh majalah National Geographic dan ditahbiskan menjadi "Foto of the Year" di tahun itu serta termasuk ke dalam 100 foto terbaik sepanjang sejarah versi majalah tersebut.

Karena prestasi-prestasinya itulah Dr. Religa disebut sebagai pionir operasi bedah jantung di negaranya. Dia kemudian terlibat dalam banyak penelitian tentang masalah jantung, dan sempat menjadi Menteri Kesehatan Polandia periode 2005-2007. Ironisnya, sang pakar medis meninggal dunia pada tahun 2009 karena tumor serta kanker paru-paru yang diakibatkan karena terlalu banyak merokok! Sebuah film telah dibuat tentangnya pada tahun 2014 yang berjudul "Bogowie" (Tuhan-Tuhan).


Sumber :
https://www.tumblr.com/search/zbigniew+religa

No comments:

Post a Comment