Friday, December 5, 2014

Patung Liberty dalam Proses Pembuatan


Waktu: Tahun 1885
Tempat: Prancis
Fotografer: Tidak diketahui

Ketika seorang politisi Prancis memberi usulan - dalam sebuah jamuan makan malam di tahun 1865 - bahwa sebuah monumen harus dibangun sebagai penghormatan bagi peringatan 100 tahun kemerdekaan Amerika Serikat , dia mungkin tidak akan membayangkan bahwa hasilnya akan menjadi ikon internasional untuk kemerdekaan yang paling terkenal!

Édouard René de Laboulaye adalah seorang suporter gigih pihak Union (Utara) dalam Perang Saudara Amerika (1861-1865), dan sangat gembira manakala mengetahui bahwa pihak yang didukungnya mampu mengalahkan Konfederasi (Selatan) sekaligus mengakhiri perbudakan di negara tersebut. Dalam sebuah pembicaraan di rumahnya di Paris, Laboulaye mengatakan: "Bila sebuah monumen harus didirikan di Amerika Serikat sebagai peringatan untuk kemerdekaan mereka, maka menurutku adalah sebuah hal yang pantas bila dia dibangun dengan usaha bersama diantara kedua negara, Amerika dan Prancis."

Dia tidak memaksudkan mengartikan komentarnya sebagai proposal, tapi itulah yang kemudian terjadi ketika perkataannya didengar oleh salah seorang tamu yang hadir saat itu, seorang pematung bernama Frédéric Bartholdi yang setuju bahwa proyek tersebut akan dikerjakan oleh Prancis dan Amerika bersama-sama. Tak lama kemudian Bartholdi telah menyelesaikan desain sebuah patung beraliran neoklasik dari dewa kemerdekaan/kebebasan Romawi, Patung Liberty. Tapi karena situasi politik yang memanas di Prancis pada waktu itu membuat pengerjaannya baru bisa dimulai pada tahun 1870-an.

Sang pematung baru saja memulai pengerjaan bagian kepala dan lengan pemegang obor ketika - pada tanggal 3 Maret 1877 - Presiden Amerika Serikat Ulysses S. Grant akhirnya menandatangani resolusi bersama yang mengotorrisasi sang presiden untuk menerima patung tersebut manakala dia dipersembahkan oleh Prancis. Resolusi tersebut menyebutkan pula bahwa Prancis akan menyediakan patungnya sementara Amerika podium tempat berdirinya. Lokasi penyimpanan patung tersebut ditentukan di Bedloe's Island (nantinya menjadi Liberty Island) di luar Manhattan, New York.

Setelah mendapat konfirmasi dari Amerika, Bartholdi segera kembali ke Paris untuk menyelesaikan bagian kepala yang kemudian dipamerkan di Paris World Fair tahun berikutnya (1878). Pada tahun 1885 dia akhirnya dirakit dan dikirimkan ke New York. Sebuah upacara untuk menghormati penyambutannya digelar pada tanggal 28 Oktober 1886 dimana hasil kerja keras Bartholdi (serta Gustave Eiffel, perancang Menara Eiffel yang ikut membantunya) dipamerkan dalam sebuah parade yang ditonton oleh ratusan ribu orang Amerika.



Sumber :
http://www.dailymail.co.uk/news/article-2163131/Bon-voyage-Unearthed-photos-Statue-Liberty-built-Paris-dedicated-American-people.html

No comments:

Post a Comment