Saturday, February 27, 2016

Operasi Penyelamatan Elian Gonzalez


Waktu: 22 April 2000
Tempat: Miami (Amerika Serikat)
Fotografer: Alan Diaz

Alan Diaz dari Associated Press memenangkan Hadiah Pulitzer untuk kategory "Breaking News Photography" untuk fotonya yang diambil pada waktu subuh tanggal 22 April 2000 dan memperlihatkan operasi penyelamatan Elian Gonzalez. Dalam foto ini, Elian - yang baru berumur 6 tahun - berada dalam pelukan Donato Dalrymple, sementara pasukan federal Amerika menyerbu masuk ke rumah yang mereka tinggali untuk merebut Elian dari tangan pengasuhnya.

Ketika berusia 5 tahun, Elian ditemukan terapung-apung di lepas pantai Florida pada sebuah ban dalam mobil setelah ibunya dan orang-orang Kuba lainnya tenggelam saat mencoba mencapai wilayah Amerika. Ayah Elian, yang berpisah dengan ibunya, tetap tinggal di Kuba. Para pejabat imigrasi Amerika Serikat menetapkan bocah itu harus kembali ke Kuba walau ada keberatan dari kerabat-kerabat Elian di Miami dan para pengungsi Kuba lainnya. Hal ini menciptakan sebuah kehebohan nasional yang menyebabkan kandidat presiden George W. Bush dan Al Gore ikut memberikan pendapat.

Kerabatnya menolak untuk menyerahkan Elian. Agen-agen federal menggerebek rumah paman Elian di Little Havana, Miami, dengan senjata terkokang dan menangkap bocah itu dari sebuah lemari pakaian untuk dikembalikan kepada ayahnya. Elian disambut bagai pahlawan di Kuba ketika dia kembali dan ayahnya—Juan Miguel Gonzalez, seorang karyawan restoran—terpilih menjadi anggota parlemen, kursi yang masih didudukinya hingga setidaknya tahun 2010.

Kuba biasanya memperingati hari ulang tahun Elian setiap 7 Desember dengan pawai-pawai dan acara-acara lokal, tetapi acara semacam itu tidak terbuka bagi wartawan asing. Elian secara resmi kemudian bergabung dengan Persatuan Pemuda Komunis tahun 2008, dan menjadi berita utama di seluruh Kuba.


Sumber :
http://regional.kompas.com/read/2010/04/07/10363720/Gonzales..yang.Dulu.Jadi.Rebutan.Itu..Sudah.Besar

No comments:

Post a Comment